Machinery, Welding

MESIN LAS

MESIN LAS

Mesin Las adalah mesin yang dapat menyambung besi menjadi satu rangkaian utuh sehingga dapat membentuk sebuah bentuk yang anda inginkan atau butuhkan. Prinsip kerja mesin las adalah dengan cara membakar besi atau menyambung dua bagian logam atau lebih dengan menggunakan energi panas.

Mesin Las dengan metode yang kita kenal bersama saat ini mulai dikenal pada awal abad ke-20. Sumber panas yang digunakan adalah dari pembakaran gas Acetylena yang kemudian dikenal sebagai karbit. Penggunaan Mesin Las listrik pada saat itu masih sangat jarang sekali. Tetapi setelah energi listrik dapat dipergunakan dengan mudah, teknologi pengelasan pun semakin maju dengan pesat dan menjadi suatu teknik penyambungan logam yang mutakhir. Cara-cara dan teknik pengelasan yang sering digunakan pada masa itu adalah las busur, las resistensi, las termit, dan las gas.

Kemajuan-kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang dicapai sampai dengan tahun 1950, telah mulai mempercepat lagi kemajuan dalam bidang las. Pada masa ini telah ditemukan cara-cara baru dalam pengelasan, antara lain las tekan dingin, las listrik terak, las busur dengan pelindung CO2, las gesek, las busur plasma dan masih banyak lagi. Semua teknik-teknik pengelasan tersebut menggunakan mesin las yang berbeda-beda pula.

MESIN LAS

Mesin-Las-1
Mesin-Las-2
Mesin-Las-3

Gambar mesin las diatas adalah contoh dari beberapa tipe mesin las yang kami jual, karena memang saat ini tipe dan jenis dari mesin las sudah sangat beragam. Dan dengan banyak ragamnya mesin las tersebut, tentunya kegunaan dari masing-masing tipe dari mesin las tersebut berbeda-beda.

TIPE MESIN LAS

Di jaman ini, kecanggihan teknologi sangat dituntut untuk mempercepat kinerja manusia agar dapat memenuhi kebutuhan orang banyak, karena memang semakin banyaknya populasi manusia di Dunia ini per tahunnya. Salah satu teknologi yang diciptakan manusia disini adalah mesin las. Mesin las ini telah diciptakan manusia bertahun tahun. Dan dari tahun ketahun, mesin las tersebut mengalami perubahan dan penyempurnaan yang tidak lain adalah untuk menghindari adanya kesalahan dan ketepatan sasaran fungsi mesin las dengan kebutuhan manusia tersebut.

Pada artikel mesin las kali ini, kami hanya akan membahas tentang jenis mesin las yang umum ada di Indonesia. Mesin las yang umum di Indonesia dibagi menjadi dua tipe, yaitu :

  1. Mesin Las Karbit
  2. Mesin Las Listrik

Welding

MESIN LAS KARBIT

Mesin-Las-Karbit

Mesin las karbit adalah mesin las yang menyambung logam dengan logam (pengelasan) dengan yang menggunakan gas asetilen (C2H2) sebagai bahan bakar, prosesnya adalah membakar bahan bakar yang telah dibakar gas dengan oksigen (O2) sehingga menimbulkan nyala api dengan suhu sekitar 3.500 °C yang dapat mencairkan logam induk dan logam pengisi.

Cara penggunaan dari mesin las karbit ini adalah sebagai berikut :

  • Buka Regulator oksigen dan gas asetilen yang ada pada tabung.

Regulator-Gas-Oksigen-dan-Asetilen-Mesin-Las-Karbit

  • Lalu Buka sedikit keran gas asetilen pada torch / obor las, dan gunakan pematik ( korek ) untuk menyalakan api pada ujung lubang torch ( harap perhatikan jarak tangan anda saat menyalakan pematik untuk menghindari kecelakaan kerja.
  • Setelah api menyala pada obor las ( torch ), putar kembali keran asetilen hingga tidak terdapat asap hitam yang keluar.
  • Lalu buka keran oksigen perlahan hingga anda mendapatkan nyala api yang sempurna. Gambar nyala api yang sempurna dapat anda lihat pada gambar dibawah ini :

Nyala-Api-Mesin-Las-Karbit

 

Selalu perhatikan keselamatan kerja anda saat menggunakan mesin las karbit ini, dengan mengikuti petunjuk keselamatan dan penggunaan mesin las karbit ini. Dan selalu gunakan penutup mata dan wajah saat mengoperasikan mesin las ini untuk menghindari kecelakaan kerja.

*Note : kami tidak menjual produk mesin las karbit ini, artikel ini hanya sebagai tambahan pengetahuan untuk anda yang ingin mencoba menggunakan mesin las karbit.

Welding

MESIN LAS LISTRIK

Mesin-Las-Listrik

Mesin las listrik adalah mesin las yang menggunakan listrik sebagai sumber tenaganya. Mesin las listrik tidak menggunakan gas sebagai bahan bakarnya, melainkan menggunakan listrik yang melalui elektroda untuk mengoperasikannya. Saat ini, mesin las listrik sangat banyak digunakan manusia diberbagai aplikasi karena ukurannya yang kecil dan kemudahan dalam penggunaannya. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, mesin las listrik mulai diciptakan dan dikembangkan manusia pada akhir abad ke-19.

Mesin las listrik dapat mengalirkan arus listrik cukup besar, tetapi dengan tegangan yang aman, sehingga anda tidak perlu khawatir akan pemakaian listrik dirumah ataupun di bengkel anda. Besarnya arus listrik yang ingin digunakan juga dapat diatur agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan las anda sendiri dengan memperhatikan ukuran dan type elektrodanya.

Cara penggunaan dari mesin las listrik ini juga terbilang sederhana, yaitu dengan cara sebagai berikut :

  • Pasang Clamp Jepit ( Berwarna Hitam ) pada lubang plus pada mesin las listrik.

Pasang-Clamp-Plus-(+)-Mesin-Las-Listrik

  • Pasang Clamp Jepit ( Stainless ) pada lubang minus pada mesin las listrik.

Pasang-Clamp-Minus-(-)-Mesin-Las-Listrik

  • Nyalakan tombol power mesin las listrik

Nyalakan-saklar-power-Mesin-Las-Listrik

  • Atur arus listrik yang sesuai dengan kebutuhan anda dan ukuran elektroda anda.

Atur-Arus-Listrik-Mesin-Las-Listrik

  • Jepit elektroda pada clamp jepit berwarna hitam ( + ) dan Jepit objek las dengan clamp jepit stainless ( – )

Penggunaan-Elektroda-dan-Clamp-Mesin-Las-Listrik

  • Mulailah mengelas dengan menempelkan elektroda pada objek yang ingin di las.

Menggunakan-Mesin-Las-Listrik

Welding


 

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT MENGGUNAKAN MESIN LAS LISTRIK

Adapun saat menggunakan atau mengoperasikan mesin las listrik ini haruslah sesuai dengan petunjuk penggunaan dari mesin las listrik tersebut. Dan untuk membuat mesin las listrik anda tetap awet, maka anda juga harus memperhatikan beberapa hal ini saat anda mengoperasikan atau menggunakan mesin las listrik ini, yaitu diantaranya :

  • Pastikan sumber daya listrik yang anda gunakan stabil, agar kinerja dari mesin las listrik tersebut tetap stabil sehingga mesin tidak cepat rusak.
  • Hindari menggunakan genset yang tidak dilengkapi dengan penstabil tegangan saat menggunakan alat ini.
  • Pastikan sirkulasi udara diruang anda bekerja baik, agar suhu ruangan tetap dingin. Hal ini dapat membuat mesin las listrik anda tidak over heat atau kelebihan panas.
  • Hindari cairan atau jauhkan benda-benda cair dari mesin las listrik anda, agar tidak terjadi konsleting jika air tersebut bersentuhan dengan mesin.

Jika anda membutuhkan mesin las listrik untuk anda supply ditoko anda, kami menawarkan kerja sama kepada anda untuk menjadi distributor resmi kami. Kami akan selalu membantu anda dalam memasarkan produk-produk yang kami jual demi kelancaran usaha anda. Untuk mengetahui jenis dan tipe produk-produk mesin las listrik yang kami jual, silahkan kunjungi link kami dibawah ini :

Welding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *