Kompresor-Udara-Icon
Air Compressor, Machinery

KOMPRESOR UDARA

KOMPRESOR UDARA

Kompresor udara adalah nama lain dari kompresor angin, yang fungsinya adalah mempermudah pekerjaan manusia dalam memompa roda kendaraannya, mengecat kendaraan atau beberapa barang-barangnya, dan lain-lain. Sesuai dengan namanya, kompresor udara adalah mesin yang dapat menghasilkan udara yang bertekanan tinggi sehingga saat dilepaskan dapat digunakan untuk mempermudah kebutuhan manusia. Tekanan udara yang dikeluarkan kompresor udara ini selalu stabil, sehingga jika digunakan untuk memompa ban, kompresor udara ini dapat mengeluarkan angin secara stabil yang aman untuk ban dari kelebihan udara ( tentunya dengan tambahan pengukur tekanan udara di dalam ban ) atau dapat juga mengecat dengan alat semprot, sehingga tekanan udara yang stabil ini dapat menghasilkan hasil pengecatan yang halus dan tidak belepotan.

Cara kerja kompresor udara dalam menghasilkan udara bertekanan adalah dengan cara menghisap dan memampatkan udara tersebut kemudian disimpan didalam tangki udara kempa untuk nantinya disuplai kepada objeknya ( Ban, kendaraan, dll ). Ciri-ciri kompresor udara adalah memiliki tabung, yang tabung ini fungsinya adalah untuk tempat penyimpanan udara. Udara tersebut dikumpulkan dalam tabung tersebut hingga menciptakan udara bertekanan tinggi.

Kompresor-Udara

Air Compressor

KOMPRESOR UDARA BERKUALITAS

Jika kita berbicara tentang kompresor udara berkualitas, tentunya tidak jauh juga dari cara perawatannya. Karena memang semua barang akan terlihat kualitasnya jika dibarengi dengan perawatan yang baik dan benar. Ditambah penggunaan dari kompresor udara ini kebanyakan digunakan dibidang pekerjaan yang lebih kearah hal-hal yang berhubungan dengan oli, cat, debu, panas, dll. Tentu akan sangat merugikan, jika kompresor udara yang anda miliki mengalami kerusakan.

Berikut ini adalah beberapa cara merawat kompresor udara agar lebih berkualitas sehingga tidak cepat mengalami kerusakan :

  • Gunakan kompresor sesuai dengan kapasitasnya ( tekanan udara ).

  • Gunakan kompresor sesuai dengan aplikasinya, jangan memaksakan kompresor untuk bekerja pada kapasitas pekerjaan yang berat.

  • Perhatikan pengisian tangki, harus lebih besar dari debit penggunaannya.

  • Sebaiknya motor kompresor udara harus diberi tenggang waktu yang cukup untuk hidup dan mati, minimal 5 – 10 menit.

  • Letakkan kompresor pada lokasi dengan sirkulasi udara yang baik, sehingga tidak cepat memanaskan mesin.

  • Hindarkan kompresor dari hujan dan¬†cahaya matahari secara langsung.

  • Minimal sekali dalam seminggu, kuraslah tangki dengan angin dan kalau memang memungkinkan untuk mengurasnya setiap hari untuk lebih baiknya.

Perawatan-Kompresor-Udara

 

MERAWAT KOMPRESOR UDARA

Selain mempelajari cara merawat kompresor udara yang baik dan benar dalam peletakan dan penggunaannya diruangan yang baik, alangkah baiknya kita juga mempelajari tentang teknik merawat kompresor yang lebih ke fisik dari kompresor udara itu sendiri. Untuk mengetahui cara merawat kompresor udara lebih ke fisiknya, silahkan baca poin-poin dibawah ini :

  • Cek oli rutin dan pastikan levelnya sesuai dengan garis yang ada.
  • Tutup semua kran.
  • Periksa rutin V-belt agar tidak terlalu kendur dan tidak terlalu kencang.
  • Pastikan daya listrik yang anda miliki minimal 2x lipat dari daya yang tertera pada spesifikasi kompresor udara, untuk menghindari mesin yang mati mendadak saat daya listrik anda tidak kuat.
  • Pastikan oli dan bahan bakar mesin kompresor udara ini tersedia.
  • Pastikan switch start / on pada kompresor udara selalu anda kembalikan ke posisi semula saat kompresor sudah selesai menyala.
  • Pastikan matikan kompresor udara saat penunjuk tekanan udaranya menunjukkan batas dari kompresor udara tersebut, dan hidupkan kompresor udara saat penunjuk tekanan udaranya sudah berkurang minimal 3 bar.

Air Compressor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *