Cara-Mengoperasikan-HPC-High-Pressure-Cleaner-dengan-benar
High Pressure Cleaner

CARA MENGOPERASIKAN HPC ( HIGH PRESSURE CLEANER )

CARA MENGOPERASIKAN HPC ( HIGH PRESSURE CLEANER )

Pada jaman dimana teknologi berkembang pesat seperti saat ini, orang-orang membutuhkan alat yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat dan mudah. Alat-alat yang kami maksudkan disini adalah semua alat diberbagai aspek kehidupan manusia. Tetapi pada artikel ini alat yang kami maksud disini adalah alat untuk membersihkan kendaraan, lantai, furniture, halaman dan lain-lain. Alat ini bernama High pressure cleaner yang biasa disebut orang-orang dengan HPC. Alat ini dapat membantu mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia dalam hal membersihkan berbagai macam objek dengan media air yang disembur dengan tekanan yang sangat tinggi.

Tetapi walaupun begitu, masih banyak orang yang belum tau atau bingung dalam mengoperasikan atau menggunakan HPC ( High pressure cleaner ) ini. Untuk itu kami akan coba menjelaskan beberapa hal atau cara yang akan dapat membantu anda dalam hal mengoperasikan HPC ini. Dan jika anda mengetahui cara mengoperasikan HPC ( High Pressure Cleaner ) dengan baik dan benar, tentunya mesin HPC anda akan lebih awet dibandingkan dengan orang yang menggunakan HPC tanpa mengetahui cara mengoperasikan HPC ( High Pressure Cleaner ) dengan baik dan benar.

Untuk itu pada artikel kali ini, kami akan mencoba menjelaskan tentang cara mengoperasikan HPC ( High Pressure Cleaner ) dengan benar. Untuk materi tentang cara mengoperasikan HPC ini sendiri akan kami mulai dari cara pemasangan hingga cara menggunakannya. Untuk itu perlu anda lakukan prakteknya setelah membaca artikel ini, karena jika anda tidak mempraktekkannya maka bisa dipastikan anda akan lupa untuk cara mengoperasikan HPC ( High Pressure Cleaner ) ini.

Cara-Mengoperasikan-HPC-High-Pressure-Cleaner

Pada gambar diatas dapat anda lihat hasil dari penggunaan mesin HPC pada jalanan menuju garasi. Dapat anda lihat pada gambar sebelah kiri adalah saat belum dibersihkan dengan mesin HPC dan gambar sebelah kanannya adalah hasil yang didapat dengan menggunakan mesin HPC, dan semua itu akan dapat terwujud jika anda mengetahui cara mengoperasikan HPC ini dan tentunya juga mengikuti petunjuk yang telah kami sampaikan.

CARA PEMASANGAN SEBELUM MENGOPERASIKAN HPC ( HIGH PRESSURE CLEANER )

Sebelum anda mengetahui cara mengoperasikan mesin HPC ini tentunya anda harus belajar merakit mesin HPC ini terlebih dahulu agar dapat digunakan. Ada beberapa tahapan yang harus anda lakukan untuk melakukan pemasangan mesin HPC sebelum anda dapat mengoperasikan mesin HPC tersebut. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah :

  • Rakitlah mesin sesuai dengan petunjuk yang tertera pada Manual Book yang telah kami sediakan didalam Packaging produk HPC kami.

  • Sebelum disambung ke mesin, anda harus melakukan pengecekan terhadap system voltase listrik yang akan digunakan. Hal ini dirasa perlu karena voltase yang dibutuhkan mesih HPC harus setara dengan yang ada dirumah anda. Karena jika voltase dan watt tidak sesuai listrik dirumah anda akan padam dan mesin tidak dapat digunakan.

  • Periksa air yang akan digunakan ke mesin. Dan harus diingat, air yang akan digunakan adalah air bersih dengan suhu sekitar 5 – 40° Celcius, dan air yang tidak mengandung asam / basa dan tidak mengandung partikel

  • Air yang digunakan harus air yang mengalir bukan dari ember atau tempat penampungan air lainnya. Air mengalir disini adalah seperti pada keran atau pipa saluran air yang memiliki aliran air dari sumbernya ( Tekanan air maksimal 5 bar )

 

Cara Mengoperasikan HPC High Pressure Cleaner dengan benar

Tahapan pertama sebelum anda mengetahui cara mengoperasikan HPC diatas tentunya harus anda perhatikan sebelum anda mengoperasikan mesin HPC anda. Karena jika anda tidak mengikuti petunjuk tersebut maka khawatirkan mesin HPC anda akan cepat rusak. Sedangkan tahapan kedua setelah cara pemasangan mesin HPC sebelum digunakan adalah cara mengoperasikan mesin HPC dengan baik dan benar agar nantinya mesin HPC anda akan lebih awet untuk digunakan. Cara mengoperasikan HPC yang baik dan benar diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pada saat pertama kali mesin akan digunakan, air yang masuk ke mesin / pompa terlebih dahulu harus dialirkan pada mesin HPC yang gunakan untuk mengisi pompa mesin HPC tersebut.

  • Kemudian hidupkan mesin untuk beberapa saat hingga air yang keluar dari mesin tidak tersendat-sendat ( kami sarankan untuk selang HP hose jangan dulu dipasang, yang tujuannya adalah untuk mempermudah mengeluarkan gelembung udara yang ada pada pompa).

  • Setelah air keluar lancar dari pompa, barulah dipasangkan selang HP Hosenya dengan baik. ( Dilarang menggunakan seal tape pada sambungan HP Hose dengan mesin ).

  • Air yang digunakan harus air yang mengalir bukan dari ember atau tempat penampungan air lainnya. Air mengalir disini adalah seperti pada keran atau pipa saluran air yang memiliki aliran air dari sumbernya ( Tekanan air maksimal 5 bar )Dalam penggunaan GUN KIT, posisi tubuh pemakai harus dalam posisi “Safe &
    steady plane”, yaitu posisi tubuh tegap dan Gun Kit berada disebelah tubuh yang dominan ( misal jika anda kidal,
    maka posisikan Gun kit pada sebelah kiri tubuh anda ). Hal ini berguna untuk mengimbangi gaya dorong balik dari semprotan mesin pada benda atau objek kerja saat mesin dihidupkan.

  • Tekanan air dan lebar semprotan air keluar dapat diatur dengan cara memutar Head Gun pada lance. Jika anda memutar searah jarum jam maka akan memperlebar jangkauan semprotnya / semburnya dan sebaliknya jika anda memutar berlawanan arah jarum jam makan akan mempersempit jangkauan semprotnya.

Setelah anda mengetahui cara mengoperasikan HPC dengan baik dan benar, maka selanjutnya anda harus mengetahui juga apa-apa saja yang dapat dibersihkan dengan mesin HPC ini. Karena tidak semua benda kerja dapat dibersihkan karena ditakutkan akan malah dapat merusaknya, seperti penyemprotan pada barang elektronik, piano, dan barang yang rentan tekanan. Untuk objek-objek kerja yang dapat dibersihkan dengan mesin HPC ini diantaranya :

  • Kendaraan
  • Lantai
  • Granit
  • Tembok
  • Beton

High Pressure Cleaner

CARA MEMASANG TABUNG SABUN SAAT MENGOPERASIKAN HPC

Cara-Memasang Tabun Sabun saat mengoperasikan HPC

Pada objek kerja yang telah kami sebutkan diatas, ada beberapa objek yang membutuhkan sabun sebagai opsi untuk membersihkan objek tersebut agar anda mendapatkan hasil yang maksimal. Tetapi cara memasang tabung sabun saat mengoperasikan HPC tidaklah sembarangan, karena tetap membutuhkan beberapa petunjuk yang benar agar nantinya anda tidak akan salah dalam menggunakan mesin HPC dengan tabung sabun ini. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk memasang tabung sabun pada mesin HPC adalah sebagai berikut :

  • Saat pemasangan tabung sabun, mesin HPC harus dalam kondisi OFF.

  • Lepaskan Spray Lance dari Gun kit.

  • Setelah dilepas, pasanglah ledding tube tabung sabun dengan gun kit melalui sambungan yang telah tersedia dengan cara mengunci system Coupling Bayonet.

  • Buatlah campuran detergent dengan air bersih sesuai dengan yang diinginkan.

  • Lepaskan tabung sabun ke “Lance ledding tube”.

  • Masukkan campuran detergent yang telah diasuk ke tabung sabun.

  • Pasang kembali tabung sabun ke “Lance ledding tube”.

  • Untuk tangki sabun yang menyatu dengan Cover body mesin caranya adalah hanya tinggal memasukkan adukan detergent kedalam tabung sabun mesin, akan tetapi tekanan semprotan harus anda atur dalam keadaan “Low Pressure”.

Setelah anda mengetahui tentang Cara mengoperasikan HPC dengan baik dan benar, kami harapkan dapat anda terapkan untuk mesin HPC anda sebelum anda mengoperasikannya atau menggunakannya, agar nantinya mesin HPC yang anda miliki lebih awet untuk digunakan.

Bagi anda yang tertarik untuk melihat katalog produk HPC kami silahkan kunjungi halaman website kami ini :

High Pressure Cleaner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *