cara-merawat-mesin-bor-dan-gerinda
Power Tools

CARA MERAWAT MESIN BOR DAN GERINDA

Hallo sobat NLG semoga sehat selalu dan tetap bersabar dalam melewati masa pandemi ini ya. Okke kali ini kami akan memberikan sedikit pengetahuan nih sobat NLG. Mengenai cara merawat mesin bor dan gerinda. Sebenarnya ada beberapa faktor yang membuat mesin gerinda dan bor agar lebih awet di dalam pemakaiannya. Dan bagaimana agar memiliki umur pemakaian mesin bor tangan dan mesin gerinda tangan yang lebih tahan lama. Beberapa faktor tersebut adalah sebagai berikut:

 

  • Cara pemakaian yang tepat untuk penekanan alat dan juga tingkat kekerasan media kerja.
  • Kestabilan input tegangan atau voltage listrik.
  • Penggantian grase atau gemuk.
  • Pentingnya mengganti sikat arang (karbon brush), dan lain-lain.

 

Untuk itu disini kami akan membahas yang paling penting nih sobat NLG. Mengenai pentingnya penggantian sikat arang/karbon brush dalam menjaga umur pemakaian suatu mesin. Baik itu bor tangan maupun gerinda tangan dan sebagainya. Sebelum membahas lebih dalam tentang sikat arang/karbon brush. Tentu Kami akan jelaskan terlebih dahulu apa sih itu sikat arang/karbon brush. Karbon brush atau disingkat CB (bahasa kerennya) atau kita kenal sebagai arang/spull/bostel (bahasa yang sering digunakan oleh pengguna mesin) adalah salah satu suku cadang (komponen) utama motor yang mempunyai peranan meneruskan arus listrik.

Dalam penggunaan sikat arang/carbon brush banyak sekali ditemukan pada industri umum, cleaner, peralatan listrik, motor pada mesin peralatan rumah tangga dan alat listrik, power supply sampai micromotor. Karbon brush/arang/spull untuk motor atau mesin jenis universal merupakan suku cadang (komponen) yang didalam penggunaannya terkikis karena terjadinya gesekan dengan komutator.

Berikut ini adalah beberapa contoh-contoh gambar karbon brush:

 

 

CARA MERAWAT MESIN BOR DAN GERINDA

Lanjut yaa sobat NLG mengenai cara merawat mesin bor dan gerinda. Diatas sudah kami bahas tentang penjelasan karbon brush/sikat arang dan untuk harga nya pun beragam ya sobat. Sekarang kami akan jelaskan apa itu fungsi dari carbon brush itu sendiri. Untuk fungsi karbon brush/sikat arang adalah untuk mengalirkan arus listrik dari bagian motor yang diam atau statis (stator) ke bagian motor yang bergerak (rotor/armature/angker) dan terdapat percikan api saat berputar mengelilingi permukaan listrik yang bersentuhan. Namun karena terbuat dari bahan karbon dan menerima gesekan secara terus-menerus sehingga mengakibatkan karbon brush akan menjadi habis dan memerlukan penggantian.

Untuk sebuah karbon brush biasanya disambung oleh sebuah per, kabel, atau konektor lainnya untuk memastikan karbon brush terus menempel atau menyentuh permukaan bagian yang berputar tanpa terjadinya putusnya arus listrik. Sehingga peralatan bor listrik dan gerinda listrik dapat terus berputar dan bekerja. Ada juga jenis karbon brush yang tidak menggunakan per akan tetapi menggunakan plat brush holder. Pada supply listriknya dilakukan melalui sebuah kabel listrik atau tembaga yang dihubungkan ke inti dari karbon brush.

Tentu alasan dipilihnya karbon brush karna komponen tersebut mampu mengantarkan listrik tanpa menyebabkan kerusakan pada pengantar itu sendiri. Dan karbon tidak meleleh akibat gesekan komutator. Untuk bahan dari karbon brush sendiri terdiri dari bubuk karbon dengan komposisi campuran tertentu yang dipadatkan dengan menggunakan tekanan tinggi dari pembentukan awal yang di proses dengan suhu tinggi.

 

Baca juga:

PERBEDAAN MESIN BOR LISTRIK DENGAN BOR CORDLESS

PENTINGNYA MENGGANTI SIKAT ARANG/KARBON BRUSH

Ciri-ciri karbon brush yang telah habis pada unit mesin, dapat diketahui dari gejala seperti mesin gerinda atau bor yang tidak bisa dinyalakan sama sekali. Atau dengan cara mengecek langsung bentuk fisik karbon brush yang menipis dan terlihat lubang kecil pada bagian tengahnya. Apabila karbon brush sudah hampir habis, maka sebaiknya di ganti dengan yang baru dan dengan ukuran yang sama. Usahakan jangan menunggu sampai habis total.

Karena akan menyebabkan kerusakan pada mesin/komutator. Dan apabila komutator itu rusak meskipun kita telah mengganti karbon brush dengan yang baru. Maka akan timbul percikan api ketika karbon brush tersebut bergesekan dengan komutator. Percikan api tersebut akan mengakibatkan karbon brush cepat habis. Dan untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan cara mengganti armature baru pada unit mesin.

Ada banyak pertanyaan tentang sikat arang/karbon brush yaitu kenapa sikat arang/karbon brush cepat habis. Ada terdapat beberapa faktor yaitu bisa disebabkan sebagai berikut:

 

KUALITAS KARBON BRUSH

Kualitas dari karbon brush yang kurang baik sehingga ketika proses pemakaian cepat panas dan mudah terbakar. Juga karena bahan baku yang kurang bagus dari proses pembuatan.

TINGKAT PEMAKAIAN

Pemakaian mesin yang terlalu dipaksa bekerja terus menerus tanpa adanya istirahat mendinginkan mesin dan cara pakai yang salah yaitu lebih ke fungsinya digunakan untuk apa.

BEARING YANG RUSAK

Bearing yang sudah rusak tetapi masih dipaksa penggunaannya menyebabkan putaran armature tidak stabil dan proses pembakaran tidak normal mengakibatkan karbon brush habis tidak merata.

Untuk itu penting sekali ya sobat NLG agar memperhatikan beberapa faktor diatas yang menyebabkan sikat arang/karbon brush pada mesin kita cepat habis. Dalam pakteknya karbon brush dirancang dengan menentukan tingkat kekerasan dan komposisinya untuk tujuan yang berbeda. Fungsi karbon brush pada motor listrik dan generator sifatnya hanya terbalik. Namun memiliki prinsip kerja dan fungsi yang sama.

 

TIPS MEMILIH KARBON BRUSH

 

  • Pilih karbon brush yang lunak. Pembuatan karbon brush itu sendiri telah dirancang dan diolah dari pencampuran bahan kimia yang sifatnya lunak. Hal itu didasari oleh tuntutan fungsi karbon brush tersebut yaitu dengan tujuan agar komutator pada armature tidak mengalami kerusakan ketika bergesekan langsung dengan karbon brush. Tetapi karbon brush lah yang mengalami pengikisan dan akan habis pada waktunya.
  • Sangat disarankan menggunakan karbon brush sesuai dengan merek mesinnya. Karna pabrikan mereka telah mendesain karbon brush tersebut dengan komposisi yang sesuai dengan mesin. Karna apabila karbon brush yang dibuat tersebut terlalu keras. Maka karbon brush bisa merusak armaturenya. Dan apabila karbon brush yang dibuat kualitasnya di bawah standard maka akan cepat terbakar dan memungkinkan bisa patah yang mengakibatkan patahan terselip pada putaran motor dan bisa berakibat motor terbakar.

Sikat arang/karbon brush merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting pada mesin, yang harus diperhatikan. Setiap merek mesin gurinda tangan atau komponen mesin bor tangan biasanya memiliki jenis dan ukuran Karbon brush berbeda-beda, tetapi ada juga yang sama. Dengan melihat pentingnya fungsi karbon brush pada mesin gerinda dan bor, maka cek lah Karbon brush tersebut secara berkala untuk menghindari terjadinya kerusakan pada mesin gerinda.

 

 

Gimana nihh sobat NLG mudah-mudahan di artikel kami kali ini bisa membantu kalian memahami tentang cara merawat mesin bor dan gerinda. Tentunya yang paling penting harus diperhatikan yaa sobat mengenai perawatan mesin kalian agar awet dan sebisa mungkin melakukan pengecekan secara berkala terutama untuk karbon brushnya.

Bagi kalian yang sedang membutuhkan mesin bor dan gerinda tangan. Tidak perlu cari-cari ditempat lain sobat NLG disini aja. Karna kami adalah distributor resmi yang menjual produk power tools (kyuho dan doliz) dengan jaminan garansi after sales terbaik.

Untuk melihat berbagai produk dan harga mesin bor tangan juga harga gerinda tangan. Kalian bisa langsung klik link dibawah ini ya sobat NLG.

 

Baiklah cukup sekian dari kami. Semoga artikel yang kami bagikan bermanfaat dan memberikan sedikit informasi pengetahuan untuk kalian. Akhir kata dari kami sampai jumpa kembali di blog selanjutnya see you.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *