prinsip-kerja-kompresor-angin
Air Compressor

PRINSIP KERJA KOMPRESOR ANGIN

Hallo sobat NLG dimanapun berada, semoga sehat selalu dan terus semangat yaa. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai prinsip kerja kompresor angin. Semoga saja artikel yang kami buat kali ini bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk kalian. Pertama-tama kita akan bahas apa sih itu kompresor angin. Garis besarnya kompresor angin adalah mesin atau alat yang menciptakan udara bertekanan.

 

Berikut ini kami akan jelaskan prinsip kerja kompresor angin. Pada dasarnya untuk cara kerja kompresor angin hampir sama dengan pompa ban sepeda atau mobil. Ketika torak dari pompa di tarik ke atas. Tekanan yang ada di bawah silinder akan mengalami penurunan di bawah tekanan atmosfir. Sehingga udara akan masuk melalui celah katup (klep) kompresor. Katup (klep) kompresor di pasang di kepala torak yang dapat mengencang dan mengendur.

Setelah udara masuk ke tabung silinder. Kemudian pompa mulai ditekan dan torak beserta katup (klep) akan turun ke bawah lalu menekan udara. Sehingga membuat volumenya menjadi kecil. Tekanan udara menjadi naik sampai melebihi kapasitas tekanan di dalam ban. Sehingga udara yang termampat akan masuk melalui katup. Setelah di pompa terus menerus tekanan udara dalam ban akan menjadi naik.

 

PRINSIP KERJA KOMPRESOR ANGIN

Lanjut ya sobat NLG. Untuk proses perubahan volume udara yang terletak pada silinder pompa. Dalam cara kerja kompresor udara akan menjadi lebih kecil dari kondisi awal. Dan ini di sebut proses pemampatan udara dalam sistem kerja kompresor, sedangkan fungsi kompresor angin sendiri yaitu sebagai alat yang biasa digunakan untuk pengisian angin pada ban, membersihkan bagian mesin yang kotor, dan proses pengecatan menggunakan alat spray gun.

Selain cara kerja kompresor. Banyak juga sistem kompresor lainnya bisa digunakan untuk alat-alat yang menggunakan sistem pneumatic seperti air blow gun, air duster, air screw driver dan lain sebagainya. Untuk kompresor udara dibagi menjadi 2 bagian yaitu Dynamic Compressor dan Displacement Compressor.

Seperti uraian diatas yaitu dalam bagian dari air compressor terdiri dari 2 bagian dynamic compressor dan displacement compressor. Untuk penjelasannya yaitu sebagai berikut:

 

Baca juga:

CARA MERAWAT MESIN BOR DAN GERINDA

 

DYNAMIC COMPRESSOR

Dynamic compressor yaitu kompresor yang menggunakan impeller yang berputar pada kecepatan tinggi sehingga menghasilkan volume udara kompresi yang besar. Untuk kompesor dynamic ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu kompresor sentrifugal (radial flow) dan kompresor aksial. Untuk pengertian dari 2 jenis kompresor dynamic ini akan kami uraikan sebagai berikut:

 

KOMPRESOR SENTRIFUGAL

Kompresor sentrifugal adalah kompresor yang menggunakan sistem dengan putaran tinggi. Dalam prinsipnya udara yang masuk melalui tengah-tengah inlet kompresor dialirkan melalui impeller yang berputar didalam volute casing sebelum keluar melalui outlet kompresor. Sehingga gas/udara dapat mengalir secara kontinyu.

KOMPRESOR AKSIAL

Kompresor aksial adalah kompresor yang menggunakan sistem putaran dinamis yang memiliki serangkaian kipas airfoil yang berfungsi untuk menekan aliran fluida. Dan biasanya digunakan untuk turbin gas/udara. Seperti mesin kapal kecepatan tinggi, mesin jet dan pembangkit listrik tenaga kecil.

 

 

DISPLACEMENT COMPRESSOR

Displacement compressor yaitu kompresor yang menghasilkan udara bertekanan tinggi dengan metode menurunkan besar volume. Untuk jenis kompresor displacement sendiri terbagi menjadi 2 bagian antara lain reciprocating compressor dan rotary compressor. Pada dasarnya kompresor reciprocating sering juga disebut sebagai kompresor piston atau torak. Dan untuk kompresor rotary pada umumnya digunakan untuk menggantikan kompresor piston.

Berikut ini kami akan jelaskan lebih rinci 2 bagian dari kompresor displacement, yaitu:

 

RECIPROCATING COMPRESSOR (Kompresor Piston)

Pengertian dari reciprocating compressor yaitu kompresor udara yang menggunakan gerak piston atau torak untuk mekanisme pengompres udara dalam silinder. Pada tabung silindernya memiliki 2 port yaitu port inlet (suction) dan port outlet (discharge). Garis besar cara kerja compressor-nya yaitu pada saat piston/torak berada didekat port inlet dan outlet dalam silinder bergerak turun maka udara dari port inlet akan masuk memenuhi silinder.

Dalam kompresor reciprocating pun terdapat 3 jenis kompresor, jenis-jenis kompresor tersebut, antara lain:

 

KOMPRESOR SISTEM KERJA TUNGGAL

Untuk kompresor jenis ini hanya mempunyai 1 silinder dengan menggunakan gerakan piston bolak balik di dalamnya dan didorong oleh poros engkol untuk memampatkan (menekan) udara/gas.

KOMPRESOR SISTEM KERJA GANDA

Untuk kompresor jenis ini mempunyai 2 silinder pada port inlet dan outletnya berada di kedua sisi. Sehingga kompresor piston tunggal dan ganda memiliki perbedaan di port inlet dan otlet nya.

KOMPRESOR SISTEM KERJA DIAFRAGMA

Kompresor sistem kerja diafragma adalah jenis klasik dari kompresor piston dan cara kerjanya mempunyai kesamaan. Hanya saja pada kompresor ini menggunakan membran fleksible/diafragma.

 

ROTARY COMPRESSOR (Kompresor Putar)

Rotary compressor adalah kompresor yang menggunakan mekanisme putar. Dan memiliki getaran yang relatif kecil dibandingkan dengan kompresor piston. Pada umumnya jenis kompresor rotary banyak digunakan sebagai pengganti kompresor piston. Rotary compressor dapat mencapai udara bertekanan tinggi dengan kondisi volume yang lebih besar. Rotary kompresor lebih populer di industri karna jauh lebih mudah dalam perawatan dan lebih awet.

Untuk Rotary compressor terdapat beberapa tipe kompresor, antara lain:

 

TIPE SCREW

Yaitu rotary screw kompresor menggunakan sistem screw (ulir) yang berputar sehingga membuat udara di dalam terkompresi. Kompresor ini banyak digunakan di industri besar yang membutuhkan udara dengan tekanan udara yang tinggi.

TIPE VANE

Yaitu rotary vane kompresor menggunakan vane atau blade yang berfungsi untuk mengkompres udara yang masuk. Udara yang masuk dari port inlet di kompresi oleh vane atau blade yang berputar di dalam casing menuju sisi outlet.

TIPE SCROLL

Kompresor ini menggunakan sistem penggulungan udara, gulungan tepi luar memerangkapkan udara dan ketika gulungan berputar udara yang berada ditepi luar dari gulungan akan bergerak ke ruang tengah sebelum ke port outlinenya.

Gimana nih sobat NLG, Begitu panjang dan lebar kami jelaskan secara ringkas mengenai prinsip kerja kompresor angin sampai dengan penjelasan jenis-jenis kompresor itu sendiri. Mudah-mudahan kalian semua mendapatkan ilmu penegtahuan dalam mengenal kompresor ya. Dan untuk yang masih belajar semoga artikel kami ini bisa membantu kalian untuk program studi atau lain sebagainya.

Okke bagi kalian yang sedang mencari kompresor angin berbagai jenis. Baik itu kompresor direct driven, belt driven, oil less maupun scroll air compressor. Gak usah jauh-jauh sobat disini aja. Karna kami adalah distributor resmi yang menjual Air Compressor (NLG, IZUMI, ARTIX). Tentunya dengan harga yang bersahabat dan jaminan garansi after sales terbaik dan tersebar di 12 kota besar di indonesia.

Untuk melihat produk dan harga kompresor. Kalian bisa langsung klik link berikut ini ya sobat NLG.

 

Baiklah cukup sekian artikel dari kami. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi pengetahuan yang berguna untuk kalian. Akhir kata dari kami sampai jumpa lagi di blog selanjutnya. See you.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *