jenis-power-tools-dan-fungsinya
Power Tools

JENIS POWER TOOLS DAN FUNGSINYA

Hallo sobat NLG sejagat raya. Semoga sehat selalu dan terus bersabar dalam melewati massa pademi covid 19 ini ya. Baiklah di kesempatan kali ini kami akan membahas artikel. Tentang jenis power tools dan fungsinya. Mungkin bagi sebagian sobat NLG banyak yang sudah tahu. Tetapi sebagian lagi belum paham betul dari jenis dan fungsi power tools tersebut. Disini kami akan memberikan penjelasan secara detail. Mengenai problem diatas nih. hehe..

Sebelum beranjak lebih dalam pertama-tama kami akan jelaskan. Apa sih pengertian dari power tools itu. Power tools adalah peralatan yang dioperasikan dengan menggunakan sumber tenaga yang berasal dari sumber penyedia tenaga. Dengan kata lain pengertian power tools dapat didefinisikan. Sebagai peralatan tenaga yang sumber tenaganya bukan dari tenaga manusia. Melainkan memanfatkan energi listrik, baterai, pneumatik, serta hidrolik untuk menggerakannya.

Tanpa adanya sumber penyedia tenaga. Maka power tools tidak dapat dipergunakan. Sumber tenaga yang digunakan untuk menggerakan power tools. Antara lain adalah motor elektrik yang bersumber dari arus listrik. Motor dynamo yang bersumber dari arus baterai. Mesin pengapian internal serta udara yang terkompresi. Sumber tenaga lain untuk menggerakan power tools yaitu tenaga mesin uap. Ataupun mesin pembakaran langsung yang menggunakan bahan bakar.

JENIS POWER TOOLS DAN FUNGSINYA

Lanjut Sobat NLG. Adapun untuk contoh power tools nya seperti drill (bor), grinder (gerinda), impact, pneumatic screwdriver, air hammer, dan air chisel. Jenis-jenis power tools tersebut digunakan untuk mempermudah serta mempercepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Tanpa menggunakan power tools, akan memerlukan waktu yang lama untuk melakukan pengeboran pada benda, melepas baut, memotong benda, maupun ketika memasang part baru.

Sehingga power tools sanggup menghemat banyak waktu dan lebih efektif jika digunakan dengan benar dan tepat. Tetapi akan beresiko jika salah dalam penggunaannya. Power tools merupakan salah satu perkakas yang sangat menunjang dan memudahkan dalam suatu pekerjaan. Karna dapat menghemat waktu dan tenaga. Perlengkapan ini tidak dioperasikan manual seperti halnya hand tools. Power tools digunakan untuk mempercepat suatu pekerjaan.

Banyak sekali pekerjaan yang bisa dikerjaan. Dengan menggunakan power tools. Antara lain mengebor, menyekrup, membobok, menggerinda, memotong, menyerut, mengamplas, dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa dikerjakan. Dengan menggunakan alat. Seperti mesin gerinda tangan, mesin bor tangan, mesin cutting/cut off, mesin planer, mesin bor cordless/bor baterai, mesin amplas/sander, mesin bobok/demolution hammer, dan lain-lain.

JENIS POWER TOOLS

Jika dikelompokan dalam penggunaannya. Power tools terdapat beberapa jenis pekerjaan seperti:

  • Mengebor pada besi, alumunium, kayu (Drilling).
  • Menggerinda/poles besi, memotong pada material besi/logam (Grinding).
  • Mengebor tembok/beton, membobok/menghancurkan beton (Concrete).
  • Memotong kayu, menyerut kayu, profil kayu, mengamplas/menghaluskan kayu (Wood working).
  • Menyekrup pada plat/kayu, memasang dan membuka mur baut (Cordless).
  • Membersihkan suatu area/benda, memotong benda logam tanpa ada percikan api, memotong material keramik/marmer/granit, memasang suatu benda/mengupas dengan pemanas (Other tools).
  • Mengukur area suatu bidang, meratakan/leveling area suatu bidang, mendeteksi area suatu bidang sebelum melakukan pengeboran (Measuring tools).
  • Ada juga jenis pekerjaannya bisa menggunakan peralatan drilling, grinding,other tools, dan peralatan lainnya seperti pekerjaan pada metal working.

Baca juga:

PRINSIP KERJA KOMPRESOR ANGIN

FUNGSI POWER TOOLS

Banyak sekali fungsi dari power tools sesuai dengan jenis pekerjaannya. Kami akan bahas lebih dalam lagi jenis pekerjaan metal working yang menggunakan power tools bertenaga listrik atau baterai. Jika dilihat dari pekerjaannya, metal working banyak menggunakan alat dari power tools. Pekerjaan apa saja yang ada di metal working, antara lain:

MENGEBOR PADA MATERIAL BESI/LOGAM

jenis-power-tools-dan-fungsinya-bor-kyuho-K450D
Drill Kyuho K450D 10mm

Untuk mengebor pada material besi dapat menggunakan mesin Drill Kyuho K450D. Dengan kapasitas mengebor 10mm pada material besi. Dengan daya 450 watt.

jenis-power-tools-dan-fungsinya-bor-doliz-BA662
Drill Doliz BA662 13mm

Dapat juga menggunakan mesin Drill Doliz BA662 untuk dipakai mengebor besi/logam. Dengan kapasitas mengebor 13mm pada material besi/logam dengan daya 650 watt.

jenis-power-tools-dan-fungsinya-doliz-bd618
Cordless Drill Doliz BD618

Bisa juga menggunakan Cordless Drill Doliz BD618. Dengan kapasitas mengebor dibesi sampai 13mm. Tenaga baterai 21V/1,5Ah dilengkapi dengan 2 speed yang bisa diatur.

Untuk mata bor yang dapat digunakan untuk mengebor material besi/logam antara lain mata bor HSS (High Speed Steel). Bisa digunakan untuk mengebor ringan/standar pada material besi/logam. Dan mata bor HSS-Co (High Speed Steel-Cobal). Bisa digunakan untuk mengebor pada material metal/besi juga hingga material stainless.

MEMOTONG PADA MATERIAL BESI / LOGAM

kyuho-k360
Cut Off Kyuho KO360

Untuk memotong material besi/logam dapat menggunakan mesin Cut Off Kyuho KO360. Kapasitas mata potong 14″ (inchi) dengan daya 2.200 watt.

jenis-power-tools-dan-fungsinya-cutting-kyuho-KO355
Cut Off Kyuho KO355

Memotong material besi/logam dapat menggunakan mesin Cut Off Kyuho KO355. Kapasitas mata potong 14″ (inchi) dengan daya 2.000 watt.

kecepatan-potong
Cut Off Doliz BA130

Dapat juga menggunakan mesin Cut Off Doliz BA130. Kapasitas mata potong juga sama 14″ (inchi) atau 355mm. Dengan daya 2.200 watt. Kecepatan tanpa beban 3800RPM.

Mesin Cut Off dapat digunakan memotong material besi dengan sudut potong 90 derajat (potong siku). Atau bisa juga memotong dengan sudut 45 derajat. Untuk accessories/mata potong yang dapat digunakan memotong. Pada material besi/logam adalah cutting disc 14″ (inchi). Dengan ketebalan 3.0mm yang biasa digunakan pada mesin Cut off.

 

MENGGERINDA/MENGIKIS/MEMOTONG MATERIAL BESI/LOGAM

ukuran-lebih-kecil
Grinder Kyuho K7/K107R

Untuk menggerinda meterial besi/logam dapat menggunakan mesin Gerinda Kyuho K7/K107R. Kapasitas mata gerinda 4″ (inchi). Dengan daya 670 watt / 750 watt.

jenis-power-tools-dan-fungsinya-gerinda-kyuho-LG100
Grinder Kyuho LG100/LG100S

Dapat menggunakan mesin Gerinda tangan Kyuho LG100/LG100S. Kapasitas mata gurinda potong/poles juga sama 4″ (inchi). Dengan daya 650 watt/740 watt.

harga-lebih-murah
Grinder Doliz BA730/BA860

Dapat juga menggunakan mesin Gerinda Doliz BA730/BA860. Kapasitas mata grinda potong/polesnya juga sama 4″. Dengan daya 720 watt/860 watt.

Mesin gerinda biasanya digunakan untuk pekerjaan. Meratakan/mengikis/menghaluskan material besi yang habis dipotong agar rapih dan tidak tajam. Dapat pula digunakan untuk meratakan/mengikis. ada bagian material besi yang disambung. Dari proses penyambungan besi/logam dengan cara dilas, mesin gerinda dapat pula digunakan untuk mengikis cat-cat/karat pada material besi/logam.

Untuk accessories/batu gerinda yang dapat digunakan untuk mengikis pada material besi/logam adalah grinding Disc 4″ (inchi) dengan ketebalan 6.0 mm biasa digunakan pada mesin gerinda kapasitas 4″ (inchi). Selain itu ada juga cutting Disc 4″ (inchi) dengan kisaran ketebalan 1.0mm-2.0mm digunakan untuk memotong seperti besi hollo. Ada juga flap disc yang digunakan untuk mengikis cat/karat pada material besi/logam.

jenis-power-tools-dan-fungsinya-doliz-die-grinder-BA712
Die Grinder Doliz BA712

Bisa juga menggunakan Die Grinder Doliz BA712 atau biasa disebut gerinda botol yang bentuknya mirip seperti botol. Dengan daya 550 watt dan berat 1.6kg. kecepatannya 32.000RPM.

Mesin gerinda biasanya digunakan untuk pekerjaan. Meratakan/mengikis/menghaluskan material besi yang habis dipotong agar rapih dan tidak tajam. Dapat pula digunakan untuk meratakan/mengikis. ada bagian material besi yang disambung. Dari proses penyambungan besi/logam dengan cara dilas, mesin gerinda dapat pula digunakan untuk mengikis cat-cat/karat pada material besi/logam.

Untuk accessories/batu gerinda yang dapat digunakan untuk mengikis pada material besi/logam adalah grinding Disc 4″ (inchi) dengan ketebalan 6.0 mm biasa digunakan pada mesin gerinda kapasitas 4″ (inchi). Selain itu ada juga cutting Disc 4″ (inchi) dengan kisaran ketebalan 1.0mm-2.0mm digunakan untuk memotong seperti besi hollo. Ada juga flap disc yang digunakan untuk mengikis cat/karat pada material besi/logam.

Selain itu bisa juga menggunakan Die Grinder Doliz BA712. Berfungsi untuk meratakan / menghaluskan / mengikis material besi / logam yang berbentuk bulat / bagian dalam lingkaran. Atau untuk meratakan material besi / logam yang butuh hasil lebih halus seperti mengikis blok mesin.

Untuk accessories / batu gerinda yang dapat digunakan untuk mengikis / memoles pada material besi / logam adalah Grinding Disc Collet 1/4″ (6.0mm) biasa digunakan pada mesin die grinder. Selain itu ada juga Cutting Disc Collet 1/4″. Biasa digunakan untuk memotong seperti besi hollo dan lainnya.

Okke bila kalian sobat NLG yang sedang mencari produk power tools. Dengan kualitas yang mumpuni dan handal. Tidak perlu bingung dan jauh-jauh segala. Disini aja sobat NLG. Karna kami adalah distributor resmi yang menjual berbagai jenis power tools. Kalian pastinya bisa mendapatkan harga power tools yang lebih murah dan bersahabat dengan isi dompet. hehe..

Untuk melihat produk dan harga power tools. Kalian bisa langsung klik link berikut ini ya sobat NLG.

Baiklah cukup sekian artikel dari kami. Mengenai penjelasan power tools diatas yang merupakan alat bantu kerja. Untuk dipakai pada pekerjaan metal working. Semoga bermanfaat untuk kalian dan bisa membantu. Dalam memahami jenis power tools dan fungsinya. Juga bisa sebagai bahan pertimbangan peralatan power tools yang dimiliki. Akhir kata dari kami sampai jumpa di blog selanjutnya. See you.

OUR COLLECTION

Related Posts

2 thoughts on “JENIS POWER TOOLS DAN FUNGSINYA

  1. reyhan says:

    thanks alot of information

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *