Mesin-Kompresor-Icon-nlg-2
Air Compressor, Machinery

MESIN KOMPRESOR

Kompresor adalah sebuah alat yang dapat menghasilkan tekanan angin yang dapat membantu pekerjaan manusia pada beberapa aspek kehidupan. Mesin kompresor berfungsi untuk menghasilkan udara bertekanan dengan cara menghisap dan memampatkan udara tersebut kemudian disimpan dalam tangki udara kempa untuk disuplai kepada objeknya / pemakainya.

 

Dalam mesin ini dilengkapi dengan tabung yang berfungsi untuk menyimpan udara bertekanan, sehingga udara dapat mencapai jumlah dan tekanan yang diperlukan atau sesuai dengan kapasitas isi dari tabung tersebut. Tabung pada mesin dilengkapi dengan katup pengaman yang apabila tekanan udara yang dihasilkan sudah melebihi batas kapasitas tabung. Maka katup pengaman tersebut akan terbuka secara otomatis.

MESIN KOMPRESOR

Kompresor ini dapat menghasilkan angin bertekanan menggunakan mesin penggerak. Mesin penggerak kompresor ini berfungsi untuk memutar mesin yang nantinya mesin tersebut akan menghasilkan udara bertekanan. Mesin penggerak ini dapat digerakkan menggunakan listrik dan bensin, tergantung dari jenis mesin itu sendiri.

Mesin-Kompresor
>>SEE OUR PRODUCTS<<

 

CARA KERJA MESIN KOMPRESOR

Cara kerja yang utama pada mesin ini terbagi menjadi empat, dan memiliki beberapa langkah yang saling berkaitan dalam fungsinya yaitu diantaranya :

  • Staging
  • Intercooling
  • Displacement and Volumetric Efficiency
  • Specific Energy Consumption

 

1. STAGING

Selama proses kerja, suhu dari mesin akan menjadi tinggi karena memang sebuah mesin akan memanas saat beberapa waktu digunakan. Panas dari mesin ini dihasilkan salah satunya dari tekanan yang dikeluarkan didalam tabung kompresor. Proses ini dinamakan dengan proses staging dan dikenal juga dengan nama polytopic compression.

 

2. INTERCOOLING

Intercooling merupakan pengendali panas yang terjadi dari proses staging sebelumnya. Dan proses kerja ini sangatlah penting dalam kompresi udara. Karena dalam mesin ini, tekanan udara memiliki tekanan lebih tinggi dibanding dengan suhu ruangan biasa, sehingga sangatlah penting adanya proses pengendali panas ini.

 

3. DISPLACEMENT AND VOLUMETRIC EFFICIENCY

Proses kerja mesin ini adalah hubungan antara volume udara yang masuk dan volume atau kapasitas udara yang dapat ditampung sebuah kompresor.

 

4. SPECIFIC ENERGY CONSUMPTION

Hal ini menerangkan bahwa tenaga yang digunakan untuk melakukan sebuah kompresi dalam sebuah kapasitas kompresor. Artinya tenaga yang dikeluarkan pada mesin akan tetap stabil sesuai dengan kapasitas dari mesin tersebut.

Cara-Kerja-Mesin-Kompresor

Air Compressor

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *